Sekilas Info
Thursday, 25 Jul 2024
  • Untuk Trenggalek lebih baik

PENGUSAHA DI ERA DIGITALISASI

Diterbitkan :

Perkembangan zaman seperti sekarang, menuntut pengusaha untuk mempunyai ketrampilan dan pengetahuan yang berbeda dari masa lalu. Kewirausahaan menjadi semakin penting karena  teknologi telah memudahkan akses ke pasar global dan memungkinkan untuk menciptakan bisnis yang lebih efeisien dan inovatif.

Menurut data di Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Jumlah UMKM di Indonesia pada tahun 2022  telah mencapai 8,71 Juta unit dimana dari 99,9 persen  dari total jumlah usaha di Indonesia jumlah UMKM di Indonesia 98,67 persen usaha mikro yang meningkat dari tahun ke tahun.Hal tersebut di sebabbkan perkembangan era digitalisasi dan market yang mampu di jangkau dengan hanya menggunakan gadget.

Menjadi Pengusaha yang sukses di era digital antara lain harus mempunyai ide yang inovatif dan solutif dimana pengusaha mampu mengidentifikasi masalah yang di hadapi oleh pasar dan menciptakan solusi yang inovatif untuk mengatasi masalah tersebut. Selain hal tersebut di atas kunci lain untuk menjadi pengusaha sukses di Era digital yakni mampu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis mereka dan untuk memanfaatkan media social untuk memasarkan produk atau layanan.

Pengusaha yang baik juga akan memahami pasar mereka dengan baik. Mereka harus mampu mengidentifikasi tren pasar dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka. Dalam hal tersebut jaringan adalah kunci untuk menciptakan bisnis yang sukses di era digital. Pengusaha harus membangun jaringan yang kuat dengan pelanggan , mitra bisnis dan investor.

Berbagai tantangan di Era yang menuntut untuk semakin berkembang membuat pengusaha harus memikirkan berbagai macan hal dan resiko yang di hadapi antaralain perubahan  tren pasar yang pesat,digitalisasi yang bekembang dari hari kehari diharap mampu menjadi bekal bagi pengusaha untuk mempunyai mental kuat dan tahan banting. Sehingga pengusaha yang lahir adalah pengusaha yang baik dan berkualitas.

 

Oleh : Rizky Sembada, S.E, M.M, M.Psi

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar